Obat Tradisional Yang Digunakan Untuk Perawatan Bayi Yang Terkena Ruam - Cara Sehati

Breaking

Recent Tube

Jumat, 30 Maret 2018

Obat Tradisional Yang Digunakan Untuk Perawatan Bayi Yang Terkena Ruam

Ruam merupakan iritasi yang disebabkan oleh kondisi lembab pada area sekitar paha dan pantat. Ruam dapat disebabkan karena penggunaan popok yang terlalu ketat, terlalu lembab, atau terlalu lama sehingga bakteri dan jamur berkembang dengan cepat.

Tips Mengganti Popok yang Benar pada Bayi

Para ibu biasanya sering melakukan beberapa kesalahan kecil ini dikala mengganti popok bayi. Padahal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mengganti popok bayi.

obat ruam bayi tradisional
Obat Tradisional Untuk Ruam Bayi - Sumber Gambar : ummi-online.com
 Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan kulit buah hati anda. Berikut cara yang tepat ketika sedang mengganti popok si kecil.
  1. Cuci tangan sebelum mengganti popok pada bayi
  2. Ganti popok dengan segera setelah popok terisi dengan tinja atau air seni, agar bakteri pada kotoran tersebut tidak menempel pada kulit bayi
  3. Bersihkan area pantat setelah buang air besar, bersihkan dengan lembut dengan sabun atau tisu basah yang bebas alkohol dan pewangi
  4. Pastikan area pantat dah paha benar benar bersih dan kering sebelum memberi salep, salep yang digunakan adalah salep yang mengandung zinc oxide.
  5. Kenakan popok dengan nyaman pada bayi, yaitu tidak terlalu longgar dan tidak terlalu ketat

Berbagai Penyebab Ruam yang Wajib Anda Ketahui

Ruam berwarna merah pada bayi disebabkan oleh banyak hal, selain karena kondisi tangan orang tua yang tidak bersih ketika mengganti popok, berikut penyebab umum munculnya ruam pada si buah hati.
  1. Terjadi kontak yang lama dengan popok kotor
  2. Iritasi pada produk tertentu yang baru pertama kali digunakan
  3. Infeksi
  4. Mengkonsumsi antibiotik
  5. Kulit terlalu sensitif
  6. Salah mengkonsumsi makanan
Dari sekian penyebab ruam pada bayi, anda harus memperhatikan pertolongan yang harus dilakukan pada anak Anda agar ruam tidak berkembang dan semakin parah.


Prinsip perawatannya adalah dengan menjaga kulit bayi yang terkena ruam selalu bersih dan kering. Berikut ini sedikit ulasan mengenai perawatan ruam pada bayi dengan obat tradisional.

Jenis Obat Tradisional untuk Mengatasi Ruam pada Bayi

1. Minyak Zaitun

obat tradisional atasi ruam bayi

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan yang bermanfaat untuk meregenerasi sel kulit, sehingga dapat membantu meredakan rasa gatal, menimbulkan rasa nyaman pada kulit dan mempercepat penyembuhan. Extra virgin olive oil ini dapat dioleskan pada bagian yang terkena ruam dengan campuran madu (1:1)

2. Lidah Buaya

cara tradisional obati ruam bayi
Lidah buaya memiliki kandungan agen antiradang, emollient, antibakteri dan antijamur yang berfungsi untuk meredakan rasa gatal dan kemerahan pada kulit akibat ruam. Cara pemakaiannya dengan mengoleskan gel lidah buaya pada ruam selama 20 menit kemudian di bilas dengan air. Anda dapat mengulangi prosedur tersebut setiap kali dalam sehari.

3. Daun ketumbar

ruam bayi obat tradisional
Daun ini memiliki khasiat untuk mengobati ruam dengan kandungan anti iritasi, antiradang, dan antiseptik. Daun ini juga dapat memberikan rasa nyaman. Cara pemakaiannya dengan menumbuk beberapa helai daun ketumbar, kemudian mengoleskannya pada bagian yang terkena ruam selama 30 menit, kemudian di bilas.

4. Buah Pepaya dan Mangga

Buah pepaya atau mangga dapat digunakan untuk pengobatan ruam. Buah ini di haluskan kemudian dioleskan pada kulit yang terkena ruam selama 10 menit kemudian di bilas.

5. Cuka

Cuka digunakan untuk menetralisis air urine yang bersifat basa. Namun penggunaan cuka tidak untuk diberikan pada kulit bayi. Air cuka sebanyak 11/2 cangkir digunakan pada 1/2 ember air untuk mencuci popok kain yang digunakan sehingga timbunan sabun dan urine dapat terbilas hingga bersih.

6. Maizena atau Tepung Jagung

Tepung jagung yang biasanya digunakan sebagai bahan makanan dapat juga digunakan untuk perawatan sibuah hati. Bahan ini dapat menyerap kelembaban pada popok sehingga kulit bayi selalu kering dan tidak mudah iritasi atau ruam.
 cara herbal obati ruam bayi
Penggunaan tepung jagung sama seperti penggunaan bedak, hanya saja anda harus lebih berhati hati ketika menggunakannya. Tepung ini dapat terhirup oleh bayi sehingga anda harus berkonsultasi terlebih dahulu sebelum menggunakan tepung jagung.

2 komentar:

Yuk, komen dengan bijak dan cerdas