Kenali Cara Kerja Dan Gejala Terjadinya Virus Demam Berdarah (DBD) - Cara Sehati

Breaking

Recent Tube

Senin, 12 Maret 2018

Kenali Cara Kerja Dan Gejala Terjadinya Virus Demam Berdarah (DBD)

Siapa bilang bahwa penyakit itu datang tanpa di undang? Survey membuktikan bahwa perilaku tidak sehat menjadi salah satu faktor utama datangnya penyakit. Seperti halnya dengan penyakit demam berdarah yang bisa terjangkit kepada siapa saja.

Lingkungan yang tidak sehat, seperti banyaknya sampah dan genangan air, menjadi "Kartu Undangan" bagi demam berdarah untuk mampir kerumah. Demam Berdarah menjadi salah satu penyakit yang paling tinggi persentasenya di Indonesia dan juga negara Tropis lainnya.

Demam Berdarah Dengue (DBD) terjadi akibat infeksi salah satu virus yang dibawa oleh gigitan nyamuk Aedes Aegepty yang masih masuk dalam  family Flaviviridae.  Terdapat empat tipe virus dengue yang ditularkan yang terdiri dari tipe I, II, II dan IV.

Cara Kerja Virus DBD Dalam Tubuh

Demam Berdarah atau dalam istilah kedoktran disebut Dengue Hemorrhagic Fever, merupakan penyakit yang ditandai  dengan rendahnya kadar trombosit di dalam tubuh. Trombosit atau keping darah (platelet) merupakan komponen darah yang terkecil dan paling ringan. Rendahnya kadar trombosit ini ini disebabkan karena virus DBD yang menyerang bagian sumsum tulang belakang yang menjadi sumber penghasil trombosit.
cara kerja dan gejala demam berdarah
Bagi pasien yang memiliki jumlah trombosit kurang dari 100.000 keping darah, maka tubuh tidak dapat merespon kerja organ dengan baik. Trombosit menjadi mengalami penurunan performa dalam menjaga kekentalan darah dalam tubuh. Hal ini dapat menjadikan darah merembes keluar melalui pori-pori tubuh sehingga menyebabkan pendarahan.

Lembaga kesehatan dunia sendiri mengakui bahwa penyakit demam berdarah menjadi alasan tingginya angka kematian manusia di dunia. Hal ini dikarenakan tingkat penyebaran virus DBD yang cepat menular.  Jika nyamuk betina yang menggigit orang yang terinfeksi  virus DBD, nyamuk tersebut dapat tertular virus. Sehingga ketika nyamuk yang terinfeksi tersebut terjangkit virus DBD dan menggigit orang lain, maka besar kemungkinan bahwa orang yang tergigit nyamuk yang terinfeksi, akan menderita DBD. Itulah sebabnya jika ada pasien DBD kita dilarang untuk terlalu sering berdekatan.

Gejala Demam Berdarah Dengue (DBD)

Pada awalnya pasien yang terinfeksi virus DBD, tidak akan ada terlihat perubahan yang siginifikan pada kondisi tubuhnya. Virus yang sudah masuk kedalam tubuh manusia akan mengalami proses inkubasi selama 3-10 hari. Sehingga pada kasus demam berdarah, sering kali demam yang timbul tidak tampak menjadi gejala utama.
gejala demam berdarah (DBD)
Agar pasien demam berdarah cepat ditangani secara cepat dalam penanganan nya mari kita kenali gejala-gejala apa saja yang sering muncul yang di sebabkan oleh infeksi virus dengue ini.

1. Demam

Gejala awak ketika seseorang terindikasi terkena DBD adalah dengan adanya demam. Demam merupakan sebuah bentuk perlawanan tubuh terhadap bakteri ataupun virus yang berada didalam tubuh manusia. Indikasi ini merupakan gejala paling umum ketika seseorang terkena DBD.

Pada penderita demam berdarah akan mengalami fase pelana kuda . Pada fase pertama terjadi selama 3 hari setelah masa inkubasi. Pada fase ini seseorang mengalami demam yang mencapai temperatur 40 derajat celsius
gejala virus demam berdarah
Pada fase kedua penderita demam berdarah akan mengalami penurunan demam. Namun  fase turunnya demam ini adalah fase yang berbahaya. Fase turunnya panas tubuh pasien bukan disebabkan karena pasien tersebut sudah berangsur sembuh. Tubuh merespon virus yang ada didalam tubuh yang pada fase ini virus dalam keadaan pasif dan menunggu untuk menyerang.

Baca Juga : Cara Mengobati Demam Pada Anak Bayi Dibawah Umur 6 Bulan

Pada fase ini penanganan keluarga terhadap pasien menjadi tidak terkontrol sehingga banyak kejadian pasien menjadi kritis karena mengabaikan pesan dokter untuk beristirahat. Pada fase terakhir merupakan fase penyembuhan, fase ini kondisi pasien mengalami demam yang tinggi dan kadar trombosit nya mulai meningkat.

2. Sakit kepala

Selain demam yang tinggi pada penderita demam berdarah juga akan mengalami sakit kepala yang begitu menyiksa. Kondisi ini merupakan salah satu tanda infeksi virus sudah mulai menyebar kedalam tubuh. Pada saat tubuh terinfeksi dan menyebar ke bagian tubuh sistem kekebalan tubuh manusia akan memproduksi interferon dan zat kimia lainnya yang akan memicu timbulnya rasa sakit kepala.

3. Mual

Penderita demam berdarah akan merasakan perasaan mual yang begitu hebat karena asam lambungnya naik. Gejala ini sering disebut dengan Nausea yang dimana tingginya asam lambung merupakan salah satu bentuk perlawanan tubuh.

4. Muntah

Akibat rasa mual yang begitu hebat penderita demam berdarah akan sering muntah-muntah.

5. Sakit Perut Pada Ulu Hati

Hal yang sangat berbahaya lainnya yaitu terserang nya sakit perut yang hebat terutama pada bagian ulu hati. Penderita demam berdarah biasnya akan akan merasakan sakit perut sebelum pendarahan.

6. Diare

Diare  dapat dikatakan sebagai salah satu penyebab terjadinya  infeksi virus dengue. Meskipun ini  jarang ditemui  tapi dari penelitian hanya 6% saja yang ditemukan mengalami gejala diare Akibat infeksi virus dengue menyebabkan masalah pada sistem pencernaan penderita yang terjadi di usus besar karena lebih banyak penyerapan air di usus besar sehingga akan menyebabkan diare.

7. Gusi Berdarah

Karena disebut demam berdarah penyakit ini dikarenakan dapat membuat pendarahan di sebagian tubuh, misalnya pada gusi berdarah. Karena pada saat virus menyerang, pembuluh darah pada tubuh menjadi sangat rentan dan sangat bisa mudah pecah hal ini karena permeabilitas dinding pembuluh darah rendah.

gejala DBD atau demam berdarah
Gusi Berdarah - Ilustrasi Gambar Via : plukme.com
Penderita demam berdarah biasnya disarankan untuk tidak menggosok gigi atau menggunakan tusuk gigi setelah makan terlebih dahulu karena kemungkinan besar dapat menyebabkan gusi rawan luka dan menyebabkan pendarahan.

Jika ada kejadian diatas Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Sebaiknya penderita demam berdarah menggunakan obat penurun demam seperti Paracetamol atau obat lainnya. Hindari mengkonsumsi obat aspirin maupun dispirin saat demam berdarah.

8. Nyeri Otot

Salah satu gejala lain yang disebabkan oleh virus dengue yaitu nyeri otot. Hal ini sangat wajar sebagai bentuk perlawanan tubuh terhadap virus karena tubuh mengeluarkan cytokine, histamin dan protein lainnya. Hal ini sebagai bentuk penangkalan kerusakan dan mengalahkan infeksi virus tersebut. Karena kadar zat yang dihasilkan begitu tinggi maka reaksi tubuh akan menyebabkan nyeri otot pada penderita demam berdarah.

9. Ruam Atau Bercak Merah

Gejala utama pada penderita demam berdarah yang sering kita jumpai dan mudah diingat yaitu demam, sakit kepala dan ruam merah. Gejala ruam ini akan muncul pada fase pertama pelana kuda saat demam tinggi menyerang. Biasanya ruam akan muncul pada bagian tertentu misalnya pada bagian dada, leher dan wajah kemudian jika parah akan cepat menyebar kebagian tubuh lainnya.
gejala demam berdarah
Dalam beberapa kasus penyebaran virus demam berdarah (DBD), indikasi atau gejala yang telah dipaparkan tersebut sering tidak terilihat.

Baca Juga : Obat Tradisional Yang Digunakan Untuk Perawatan Bayi Yang Terkena Ruam

Untuk itu, selalu untuk berusaha menjaga kondisi lingkungan dan kondisi tubuh tetap sehat. Dengan Cara Sehati, temukan cara sehat dengan mencegahnya sejak dini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk, komen dengan bijak dan cerdas