Penyakit Infeksi Telinga Pada Anak Dan Balita (Otitis Media) - Cara Sehati

Breaking

Recent Tube

Senin, 12 Maret 2018

Penyakit Infeksi Telinga Pada Anak Dan Balita (Otitis Media)

Infeksi Telinga Pada Anak - Kesehatan merupakan harta yang paling berharga bagi manusia. Karena seberapapun banyak harta yang kita miliki tanpa diimbangi kesehatan yang baik, maka semua adalah sia-sia. Terlebih pada Anak dan Balita yang memang masih rentan akan terserang penyakit.

Penyakit yang kemungkinan besar dialami anak dan balita adalah terjadinya infeksi telinga atau Otitis Media. Infeksi telinga sering terjadi pada telinga bagian tengah, yakni ruang di belakang gendang telinga yang memiliki tiga tulang kecil. Bagian telinga ini berfungsi untuk menerima gelombang suara dan meneruskan getaran tersebut menuju telinga bagian dalam.

Infeksi telinga pada bayi

Penyakit infeksi telinga atau Otitis Media ini memang sering dialami oleh anak-anak. Sebagian besar penderita infeksi telinga ini berumur di bawah 10 tahun dan pada bayi atau balita yang berumur 6 sampai dengan 15 bulan. Berdasarkan sumber yang didapat, hampir sebanyak 25% anak-anak pernah menderita Otitis Media ini.

Tanda Dan Gejala Infeksi Telinga (Otitis Media) Pada Bayi

Tentu saja setiap penyakit akan menunjukkan tanda dan gejala yang dapat kita jadikan cara untuk melakukan pencegahan.  Tanda dan gejala umum terjadinya infeksi pada telinga bayi atau balita yaitu :

Tanda Terjadinya Infeksi Telinga
  1. Anak kamu sering menarik, menggenggam, dan menggaruk telinga.
  2. Mengalami demam.
  3. Nafsu makan anak menjadi menurun bahkan hampir tidak mau makan
  4. Anak menjadi mudah marah atau rewel.
  5. Anak kurang dapat merespon ketika dipanggil dengan suara lembut
  6. Anak menjadi sulit tidur ketika di malam hari
Sedangkan untuk gejala terjadinya Otitis Media dapat kita temukan pada remaja dan orang dewasa. Gejala paling umum adalah adanya rasa sakit pada telinga dan kehilangan pendengaran. Rasa sakit pada telinga ini disebabkan karena terjadinya peradangan serta tertimbunnya cairan pada telinga di ruang telinga bagian tengah. Jangan menunda untuk mengobati jika kamu merasakan gejala seperti ini yah. Karena hal ini sangat berbahaya jika kamu diamkan.

Penyebab Dan Cara Pengobatan Infeksi Telinga (Otitis Media)

Sebagian besar kasus otitis media muncul karena terjadinya infeksi akibat virus atau bakteri. Kondisi ini akan menyebabkan terjadinya penimbunan mukosa atau lendir di telinga tengah dan mengganggu fungsi penyampaian suara ke telinga bagian dalam.

Infeksi telinga pada bayi

Tuba Eustachius merupakan saluran yang berperan dalam menyalurkan udara ke dalam telinga bagian tengah. Pada anak-anak dan bayi, saluran ini ukurannya lebih sempit dibandingkan dengan yang ada pada orang dewasa. Sempitnya ukuran saluran pada anak inilah yang menjadikan anak lebih rentan menderita otitis media.

Baca Juga : Obat Tradisional Yang Digunakan Untuk Perawatan Bayi Yang Terkena Ruam

Infeksi telinga yang tidak terlalu parah sebenarnya tidak memerlukan penanganan medis. Kondisi akan kembali pulih dengan sendirinya. Namun, untuk beberapa kejadian, penangan medis diperlukan jika penderita mengalami :
  1. Mengalami gejala yang tidak membaik dalam waktu tiga hari.
  2. Merasakan nyeri hebat pada bagian telinga.
  3. Mengeluarkan nanah atau cairan dari telinga.
  4. Memiliki kondisi bawaan, seperti cystic fibrosis atau penyakit jantung bawaan, yang membuat risiko terjadinya komplikasi meningkat.
Dalam masa pengobatan Otitis Media, biasanya pasien dapat mengkonsumsi Parace. Pengobatan yang akan diberikan berguna untuk meredakan rasa sakit dan demam yang mungkin dialami. Contoh obat yang biasanya diberikan adalah paracetamol dan ibuprofen.

Untuk mengatasi otitis media akibat bakteri, dokter akan memberikan antibiotik. Obat ini akan diberikan jika gejala yang muncul berkelanjutan atau cukup parah.

Pencegahan Tepat Infeksi Telinga

Seperti yang kita ketahui, bahwa mencegah memang lebih baik dari pada mengobati. Cara pencegahan infeksi telinga (Otitis Media) ini dapat menurunkan resiko anak terkena infeksi. Cara pencegahan yang paling mudah adalah dengan menjaga kondisi lingkungan keluarga yang sehat.

Infeksi telinga pada anak

Lingkungan mengambil peranan penting dalam setiap permasalahan kesehatan. Jauhkan anak-anak dari lingkungan yang terkena polusi udara seperti asap rokok.

Baca Juga : Cara Pemberian Obat Apotek Yang Tepat Pada Anak Bayi

Selain itu, beberapa hal penting lainnya untuk mencegah terjadinya infeksi telinga pada anak adalah sebagai berikut :
  1. Lengkapi vaksinasi pada anak-anak sesuai jadwal, terutama vaksin pneumokokus dan vaksin DTP/IPV/Hib.
  2. Selalu beri anak ASI untuk asupan utamanya. ASI dapat memperkuat daya tahan tubuh anak.
  3. Hindari kontak dengan anak-anak yang sedang mengalami infeksi telinga.
  4. Jangan memberi makan pada anak saat mereka berbaring.
  5. Setelah anak berusia 6-12 bulan, jangan memberikan dot pada mereka.
Cara-cara tersebut hanyalah beberapa cara pencegahan untuk mengurangi resiko terjadinya infeksi telinga pada anak. Menjaga kesehatan dengan cara menjaga kebersihan lingkungan adalah hal yang paling utama dalam menjaga kesehatan keluarga sehati.
Salam Sehati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk, komen dengan bijak dan cerdas