Punya Tanda Waktu Lahir? Ternyata Tanda Lahir Ada Bahayanya Juga Loh - Cara Sehati

Breaking

Recent Tube

Minggu, 15 Juli 2018

Punya Tanda Waktu Lahir? Ternyata Tanda Lahir Ada Bahayanya Juga Loh

Tanda lahir memang menjadi hal yang biasa kita temukan pada anak kita ataupun orang lain. Tanda lahir merupakan sebuah bercak ataupun noda yang sering muncul di permukaan kulit ataupun dibagian tubuh lainnya. Tanda lahir yang paling umum dijumpai adalah tahi lalat.

Namun, apakah tanda lahir berbahaya bagi tubuh kita? Pada umumnya tanda lahir tidak membawa pengaruh apapun bagi kesehatan. Biasanya tanda lahir berupa noda akan hilang dengan sendirinya beranjak seseorang itu dewasa. Tetapi terdapat beberapa tanda lahir yang perlu diwaspadai karena membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Jenis Tanda Lahir Yang Berbahaya Pada Bayi

Tanda lahir ini memerlukan penanganan medis jika ditemukan pada anak-anak terlebih kepada bayi yang belum berumur satu bulan. Berikut tanda lahir yang berbahaya bagi kesehatan anak-anak.

1. Tanda Lahir Berbentuk Stroberi

Tanda lahir berbentuk stroberi ini dikenal dengan Hemangioma Infantil. Para spesialis anak menyebutnya dengan Tanda Lahir Stroberi dikarenakan bentuk dan warnanya yang menyerupai buah stroberi.

Tanda lahir stroberi ini biasanya dapat terlihat pada bayi yang baru lahir atau beberapa hari setelah lahir. Tanda lahir stroberi ini dapat muncul dibagian kepala bayi, wajah seperti area mata, mulut dan hidung, hingga menyentuh area leher si buah hati.

Tanda lahir berbahaya pada anak
Tanda Lahir Strowberry - Sumber Via : familyguideindonesia.com
Gejala awal munculnya tanda lahir stroberi ini  akan terlihat pada bagian atau area yang memiliki warna kulit berwarna ungu muda. Hemangioma Infantil akan terluka dan akan mengeluarkan darah jika bebenturan dengan benda ataupun tergores oleh kuku. Pendarahan ini dapat diantisipasi dengan menekan area tanda lahir yang terluka dan dibutuhkan pertolongan pertama agar pendarahan cepat terhenti.

Baca Juga : Obat Tradisional Yang Digunakan Untuk Perawatan Bayi Yang Terkena Ruam

Tanda lahir stroberi ini memang tergolong membahayakan, namun biasanya tanda lahir ini akan hilang sebelum usia anak mencapai 7 tahun dengan menyisakan tanda jaringan parut. Jika tanda lahir ini memasuki area vital seperti wajah (mata, mulut, dan hidung), sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit. Hal ini dapat mengakibatkan gangguan pernapasan pada anak serta gangguan penglihatan.

2. Tanda Lahir Berbentuk Anggur

Tanda lahir berbahaya berikutnya adalah Port Wine Stain atau lebih dikenal dengan bercak anggur. Tanda lahir ini dapat terlihat pada bayi yang baru saja dilahirkan. Berbentuk menyerupai noda anggur, tanda lahir ini dianggap sebagai bentuk bayi yang mengalami trauma dalam kandungan (trauma lahir) oleh para bidan.

tanda lahir berbahaya pada anak
Tanda Lahir Anggur - Sumber Gambar : momma.id
Tanda lahir berbahaya jenis anggur ini biasanya dijumpai pada bagian wajah, punggung, dan dada. Bercak yang terlihat kecil lama kelamaan akan semakin membesar dan menjadi keunguan. Jika didapati tanda lahir anggur dibagian wajah, terlebih pada area mata, sebaiknya langsung dilakukan konsultasi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

3. Tanda Lahir Berbentuk Gigitan Bangau atau Ciuman Malaikat

Berbahaya atau tidaknya sebuah tanda lahir memang sangat dipengaruhi letak dimana tanda tersebut tumbuh. Tanda lahir berikut ini memiliki banyak nama panggilan, seperti Gigitan Bangau jika tumbuh di bagian leher belakang, dan Ciuman Malaikat jika tumbuh dibagian kening.

tanda lahir berbahaya pada anak bayi
Tanda Lahir Salmon Pacth - Sumber Gambar : idai.or.id
Tanda lahir yang juga disebut dengan Salmon Patch ini memiliki bentuk tipis berwarna merah muda. Area yang sering terdapat tanda lahir ini adalah  sekitar mata, alis, bibir maupun leher bagian belakang. Tanda lahir ini biasanya akan hilang dengan dengan sendirinya pada usia 18 bulan

4. Tanda Lahir Berbentuk Noda Kopi

Tanda lahir berbahaya yang terakhir adalah tanda lahir yang dapat menyebabkan tumor. Yaitu Noda Kopi yang dapat menjadi tanda  neurofibromatosis jika terdapat bercak lebih dari 6 buah.

tanda lahir berbahaya bagi anak balita
Tanda Lahir Kopi
Neurofibromatosis adalah kelainan genetik dimana pertumbuhan sel terganggu sehingga tumbuh tumor-tumor pada jaringan saraf. Tumor tersebut umumnya jinak dan bisa muncul di berbagai bagian dari sistem saraf, seperti pada otak maupun saraf tulang belakang hingga saraf-saraf tepi.

Baca Juga : Kenali Cara Kerja Dan Gejala Terjadinya Virus Demam Berdarah (DBD)

Kondisi seperti ini dapat terlihat gejalanya pada usia anak-anak ataupun remaja.  Neurofibromatosis tipe 1 merupakan jenis neurofibromatosis yang paling sering terjadi.

Dampak Tanda Lahir Berbahaya Lainnya

Pada umunya, tanda lahir tidak langsung dapat membahayakan kondisi kesehatan anak. Namun, terkadang tanda lahir juga membawa dampak buruk bagi psikologis anak kita.

Tanda lahir yang cukup besar di area wajah sering kali menjadi bahan bully-an anak-anak. Seperti menyebut dengan julukan "Si Tompel" ataupun sebagainya. Disinilah peran orang tua untuk dapat memberikan dukungan ataupun motivasi agar anak tidak mengalami penurunan kepercayaan diri.

Keluarga Bahagia, Keluarga Cara Sehati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk, komen dengan bijak dan cerdas