Tips dan Manfaat Memijat Bayi Yang Tepat Dan Wajib Bunda Tahu - Cara Sehati

Breaking

Recent Tube

Selasa, 13 Maret 2018

Tips dan Manfaat Memijat Bayi Yang Tepat Dan Wajib Bunda Tahu

Kehadiran bayi memang momen yang sangat dinantikan bagi setiap pasangan. Momen dari bayi lahir hingga tumbuh dewasa merupakan hal yang sangat menjadi tanggung jawab bagi orang tua.

Pertumbuhan dan perkembangan sikecil menjadi hal yang harus selalu diawasi oleh orang tua. Tubuh bayi yang masih kecil pun juga membutuhkan perawatan yang sama seperti orang dewasa namun lebih diperhatikan, kenyamanan dan keamanan bagi si bayi.
tips memijat bayi
Hal tersebut salah satunya, yakni melakukan pemijatan terhadap bayi. Tetapi, pemijatan terhadap bayi tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pemilihan minyak pijat yang aman bagi bayipun amat penting diperhatikan. Hal tersebut dikarenakan, kulit bayi yang tipis dan rentan terhadap hal yang membuat bayi merasa tidak nyaman.

Jenis minyak pijat untuk bayi pun beragam jenis dan mereknya, seperti baby oil, minyak telon, minyak mustard, minyak zaitun, babay lotion. Jenis-jenis minyak ini sangat mudah dijumpai para orang tua, seperti ditoko apotik terdekat. Selain itu sudah teruji keamanan bagi sikulit bayi. Namun, jika minyak yang dipakaikan pada bayi membuat kulitnya iritasi dan memerah segera hentikan penggunaan tersebut. Dan beralihlah ke penggunaan minyak lainnya yang aman bagi si bayi.

Selain minyak untuk memijat, hal lainnya  yang harus diperhatikan saat memijat bayi adalah kenyamanan bayi yang sedang dipijat. Kita dapat membuat bayi merasa nyaman ketika dipijat dengan menggunakan handuk, atau kain halus sebagai alas untuk bayi.

Berikut ini adalah manfaat melakukan pemijatan terhadap bayi:

Para ibunda, harus mengetahui dan memahami apa saja manfaat positif melakukan pemijatan bagi sibayi. Hal ini tentu sangat menambah pengetahuan untuk pertumbuhan dan perkembangan sibayi.
  1. Pemijatan pada bayi dapat mempercepat pertumbuhan dan perkembangan sibayi, selain itu melakukan pemijatan pada bayi dapat menambah berat badan sikecil.
  2. Selain pertumbuhan bagi bayi, pemijatan pada bayi membuat sikecil merasa jauh lebih rileks dan jarang menangis.
  3. Meningkatkan sirkulasi darah pada bayi, dan juga meningkatkan perkembangan fisik, dan mental bagi sibayi.
  4. Salah satu manfaat positif bagi kesehatan sibayi adalah ,dapat menyembuhkan penyakit kuning yang diderita bayi.
  5. Pertumbuhan sikecil yang signifikan seperti tumbuhnya gigi pada bayi tentu membuat bayi merasa sedikit sakit pada gusi bayi, pemijatan pada bayi merupakan hal yang dapat mengurangi sakit gusi yang sedang dialami sikecil.

Cara memijat bayi yang aman:

1. Mulailah dari bagian tubuh bawah sibayi.

Oleskan minyak pijat bayi pada tangan lalu usap merata pada bagian kaki bayi, seperti pergelangan kaki, hingga ke bagian paha bayi. Pemijatan pada kaki sangat perlu karena dapat membantu pertumbuhan pada gigi sibayi.

2. Pijatlah bayi pada area bagian perut

Pijatlah bayi, pada area bagian perut bayi. Hal tersebut dapat melancarkan pencernaan pada bayi, dan dapat mengurangi perut kembung pada bayi. Caranya pijatlah perut bayi dari bagian kiri dan ke bawah setelah itu merata ke seluruh bagian perut bayi.

3. Pijatlah punggung sibayi

Memjiat bayi pada bagian punggung sangat menjadi hal ampuh untuk menidurkan sibayi. Selain membuat bayi terasa nyaman. Namun , jika bayi belum bisa tengkurap hal tersebut dapat bunda lakan dengan menggendong sibayi atau menidurkannya dipaha. Pijatan dapat dilakukan secara melingkar dan merata ke seluruh bagian punggung yang telah diolesi dengan minyak pijat bayi.

4. Pijatlah bayi pada bagian dada

Memijat bayi pada bagian dada dapat dilakukan dari lengan tangan kiri bayi laluke arah kanan dari bagian tulang selangka, kemudian merata kea rah ulu hati.

5. Pijatlah lengan bayi

Selanjutnya adalah bagian tangan bayi, dimulai dari bagian awal telapak tangan, dan jemari sibayi lalu merata ke seluruh tangan sibayi.

6. Memijat bayi pada bagian wajah

Wajah bayi merupakan salah satu hal yang sangat sensitive, oleh karena itu tekanan pemijatan harus sangat diperhatikan. Cara memijat bayi pada bagian wajah adalah, dengan menggunakan bagian ibu jari. Bagian awal yang harus dipijat adalah pada bagian alis dan sekitar kelopak mata. Awalan yang harus dilakukan adalah dari sekitar pertengahan alis, kemudian turun kebagian samping lipatan hidung.

Selain tips aman pemijatan pada bayi yang harus diperhatikan. Hal lainnya, yang perlu diperhatikan adalah waktu pemijatan pada bayi, tidak boleh dilakukan pada saat bayi hendak tidur diwaktu siang hari. Hal tersebut tidak dianjurkan oleh dokter karena dapat mengganggu pertumbuhan bayi.

Selain itu ibunda juga dituntut untuk peka dan paham situasi pada bayi saat dipijat, jika bayi menangis atau melakukan respon yang berlebihan menandakan sakit. Segeralah hentikan pemijatan dan lakukanlah hal yang membuat bayi berhenti menangis seperti menggendong dan memberi nya asi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk, komen dengan bijak dan cerdas