WASPADA, Ini Cara Yang Benar Menyimpan Ikan Yang Dibeli Dipasar Tradisional - Cara Sehati

Breaking

Recent Tube

Minggu, 15 Juli 2018

WASPADA, Ini Cara Yang Benar Menyimpan Ikan Yang Dibeli Dipasar Tradisional

cara menyimpan ikan yang benar

Sudah makan ikan hari ini? Nah, seperti yang kita tahu, bahwa ikan merupakan salah satu makanan yang memiliki nilai gizi yang sangat baik bagi tubuh. Tidak hanya karena enak dilidah, kandungan omega pada ikan membantu mencegah kolesterol.

Namun apakah kamu tahu bahwa ikan yang kamu masak bisa saja kehilangan gizinya karena salah cara penyimpanan? Terlebih jika kamu membeli ikan tersebut dari pasar, bukan dari hasil mancing sendiri.

Kali ini, Cara Sehati akan memberikan tips bagaimana cara menyimpan ikan yang benar. Supaya nilai gizinya tetap terjaga. Simak pembahasannya.

1. Jangan Asal Menyimpan Ikan ke Kulkas

cara menyimpan ikan di kulkas

Hampir kebanyakan ikan yang kamu beli akan langsung disimpan ke dalam lemari pendingin. Ternyata, cara tersebut tidaklah benar.

Cara yang paling tepat adalah dengan memasukkan ikan ke dalam plastik berisi es batu terlebih dahulu. Setelah itu, barulah simpan ikan didalam frezer.

Selain itu, jika ikan yang kamu beli akan langsung kamu masak saat itu juga, jangan biarkan ikan terletak begitu saja. Simpan terlebih dahulu ikan didalam kulkas, sembari menyiapkan bahan-bahan masakan lainnya. Barulah keluarkan ikan, dan mulailah memasak.

2. Jangan Beli Ikan Lele dalam Keadaan Mati Yah

menyimpan ikan lele di kulkas

Jika kamu ingin makan ikan lele, pastikan membelinya dalam keadaan hidup, bukan mati. Tujuannya supaya bisa mendapatkan kesegaran maksimal dengan membelinya hidup-hidup.

Selanjutnya, bersihkan dengan air dan sabut kelapa supaya lendirnya hilang. Jangan lupa diberi jeruk nipis sebelum diolah, agar bau anyirnya hilang.

3. Kalau Beli Ikan Tongkol, Jangan Langsung disimpan Ke Kulkas, Bahaya!

cara menyimpan ikan tongkol di kulkas

Ikan tongkol mengandung histamin alami yang bisa membuat alergi atau keracunan. Nah, kandungan alami ini berasal dari mikroba dan enzim protease dari isi perut ikan yang merembes dari dinding perut ke daging.

Jadi pastikan kamu membersihkan semua itu sampai benar-benar bersih, baru setelah itu meletakkannya di kulkas. Ikan tongkol yang segar tidak akan berbahaya, asal kamu menyimpannya dengan benar.

Itu saja yang perlu kamu perhatikan, terkait cara menyimpan ikan yang dibeli dari pasar. Semoga bermanfaat dan jangan lupa, untuk membagikan/ share artikel ini ke media sosial kamu yah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk, komen dengan bijak dan cerdas