4 Efek Samping Mengerikan Ini Disebabkan Makan Kunyit, Jangan Diabaikan!

Kunyit sudah dikenal lama oleh masyarakat Indonesia mempunyai khasiat di bidang kesehatan maupun kecantikan. Biasanya kunyit dipakai untuk mengobati masalah pencernaan. Zat aktif kurkumin yang mengakibatkan warna kuning pada kunyit pun berperan sebagai antioksidan.

Namun dibalik manfaatnya yang beragam, kunyit pun mempunyai efek samping andai dikonsumsi berlebihan dan dalam jangka masa-masa yang panjang. Berikut efek samping kunyit seperti dikutip dari halosehat.com (03/04/17).

1. Pendarahan

Diantara khasiat senyawa kurkumin dalam kunyit ialah mencegah penggumpalan darah. Peran trombosit paling besar dalam pengobatan luka. Apabila trombosit menggumpal maka otomatis proses pengobatan luka pun akan terhambat. Itulah peran konsumsi kunyit.

Namun andai kandungan kurkumin terlalu tidak sedikit dalam tubuh malah trombosit jadi tidak terkendali akhirnya dapat menimbulkan pendarahan akut.

2. Gangguan janin

Kunyit memang ampuh untuk menanggulangi gangguan pencernaan. Diantaranya radang usus, asam lambung, mual, diare, dan lain-lain. Saking ampuhnya, kunyit bahkan dijuluki obat pencuci perut.

Hal ini akan memunculkan masalah saat kunyit dikonsumsi ibu hamil. Meningkatnya metabolisme pada sistem pencernaan membuat situasi bumil lemah dan mengganggu asupan nutrisi janin.

3. Keguguran

Kurkumin pada kunyit dapat memunculkan reaksi keras pada lambung dan rahim. Karena tersebut sangat tidak disarankan ibu hamil mengonsumsinya. Baik dalam format jamu maupun obat-obatan modern. Jika urusan ini terus dilakukan dapat menimbulkan risiko keguguran pada ketika usia kehamilan trimester kesatu.

4. Infeksi kemih

Mungkin tidak sedikit yang tidak mengasumsikan bahwa kunyit andai dikonsumsi dalam jangka masa-masa lama dapat menimbulkan gangguan pada kemih maupun ginjal. Zat aktif pada kunyit ketika tidak diperlukan dalam tubuh atau dalam kadar berlebihan bakal tertimbun pada drainase kemih dan ginjal. Hal ini ditandai dengan warna kuning yang keluar bareng urine ketika buang air kecil.

Itulah sejumlah efek samping kunyit saat dikonsumsi berlebihan atau dalam jangka masa-masa lama. Mudah-mudahan jadi perhatian anda semua.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk, komen dengan bijak dan cerdas