Iklan Billboard 970x250

5 Pertanda Awal Penyakit Jantung, Kenali Sebelum Terlambat!

Iklan 728x90

5 Pertanda Awal Penyakit Jantung, Kenali Sebelum Terlambat!

Penyakit jantung jadi di antara penyebab kematian utama di Indonesia di samping stroke. Sebelum penyakit jantung menjadi parah, seringkali tubuh sudah menyerahkan gejala-gejala yang dapat dilihat dengan kasat mata.

Berikut sejumlah gejalanya yang mesti diwaspadai.

1. Lipatan daun telinga

Jangan abaikan saat ada lipatan diagonal pada daun telinga laksana gambar diatas. Lebih dari 40 penelitian mengindikasikan hubungan antara lipatan itu dengan masalah jantung.

Lipatan yang disebut pun tanda Frank (Frank’s sign) ini menunjukkan peningkatan risiko aterosklerosis, yaitu penumpukan plak di pembuluh arteri sampai-sampai aliran darah terhambat.

Selain bersangkutan dengan penyakit jantung, tanda Frank pun bersangkutan erat dengan penyakit pembuluh darah otak.

2. Perubahan kuku

Waspada andai kuku merasakan perubahan jadi tebal dan lebar. Hal ini diakibatkan terjadi masalah pada aliran pembuluh darah. Darah yang membawa oksigen dari jantung tidak hingga ke jari sampai-sampai kuku merasakan penebalan.

Gejala ini disebut pun dengan Hippocratic fingers sebab ditemukan kesatu kali oleh Hippocrates pada abad ke-5 sebelum Masehi.

3. Jari manis

Risiko penyakit jantung lebih banyak terjadi pada empunya jari manis yang lebih pendek dari jari telunjuk laksana pada gambar diatas.

Hal ini ditemukan oleh semua peneliti Inggris. Mereka menganalisis bahwa panjang jari ditentukan oleh hormon testosteron sekitar perkembangan benih dan sistem hormon ini pun mempengaruhi situasi jantung.

Jadi andai kamu tergolong yang mempunyai tipe jari laksana diatas, upayakan pola hidup yang sehat untuk menangkal dari penyakit jantung yang mematikan.

4. Bibir biru

Saat memanjat atau sedang berada di tempat yang dingin, paling wajar bibir berubah jadi biru. Hal ini diakibatkan tubuh kelemahan oksigen. Tapi seringkali setelah situasi sudah normal, bibir pulang ke warna semula.

Jika anda tidak mengalami situasi apapun namun bibir berwarna biru maka mesti waspada. Bibir biru dapat jadi indikasi terjadi masalah jantung. Jantung gagal menyalurkan oksigen lewat pembuluh darah ke jaringan tubuh sehingga menyebabkan perubahan warna bibir.

5. Gumpalan lemak

Gumpalan lemak yang biasa sedang di siku, lutut, pantat, dan kelopak mata memang tidak riskan atau tidak memunculkan rasa sakit. Tapi fenomena ini dapat dibilang lampu kuning terhadap penyakit jantung.

Gumpalan lemak tersebut menunjukkan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh sampai-sampai pembuluh darah tak lagi mampu menampung dan akhirnya ditabung di bawah kulit. Umumnya yang mengalami fenomena ini telah terkena aterosklerosis, yaitu pembuluh darah terhambat timbunan plak.

Nah bila sudah merasakan gejala-gejala laksana diatas usahakan konsultasi ke dokter untuk memahami secara pasti situasi tubuh. Karena laksana kita tahu, serangan jantung datangnya paling tiba-tiba. Bahkan tidak sedikit yang menyangkanya melulu masuk angin biasa.

sumber
SHARE

Related Posts

There is no other posts in this category.
Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Iklan Tengah Post