Iklan Billboard 970x250

5 Tanda Livermu Rusak, Nomor 4 Pasti Gak Bakal Nyangka!

Iklan 728x90

5 Tanda Livermu Rusak, Nomor 4 Pasti Gak Bakal Nyangka!

Dilansir dari klikdokter.com (30/11/18), tidak sedikit orang yang tak sadar bila hati atau livernya merasakan masalah karena seringkali masalah hati tidak memunculkan gejala. Gejala baru hadir saat masalah liver tersebut telah dalam stadium lanjut.

Karena itulah anda perlu tahu tanda atau fenomena apa saja yang hadir saat liver bermasalah supaya dapat ditangani secepat mungkin.

Berikut ini tanda liver bobrok menurut keterangan dari KV Narayanan Menon, MD, direktur medis transplantasi hati di Cleveland Clinic, Amerika Serikat, untuk Wall Street Journal.

1. Perut terisi dengan cairan

Perut tampak kembung sesudah makan tidak sedikit itu normal. Yang tidak normal, bila tiba-tiba perut anda kembung dan tidak membaik. Malah kian hari semakin besar. Itu tandanya anda harus cek ke dokter karena dapat jadi tanda fenomena penyakit hati.

2. Selalu merasa lelah

Tak melulu penderita diabetes, mudah banget capek juga dapat jadi fenomena kalau liver anda sedang mohon tolong.

3. Obesitas

Berkebalikan dengan anggapan orang lazimnya bahwa bila orang gemuk berarti sehat, malah kelebihan berat badan atau obesitas dapat jadi tanda penyakit hati berjenis non-alcoholic fatty liver disease (NAFLD). Organ hati dalam tubuh dikelilingi lemak disekitarnya sampai-sampai tidak bisa bermanfaat normal.

4. Gatal

Habis digigit nyamuk terus gatal tersebut wajar. Nanti pun hilang. Yang mesti anda waspadai ialah ketika anda menderita gatal-gatal tanpa henti. Bisa jadi pertanda gangguan hati.

Gak nyangka ya, gejala sepele laksana gatal yang tampak normal ternyata dapat jadi pertanda gangguan dalam tubuh.

5. Keturunan

Masalah hati juga dapat terjadi karena hal keturunan. Karena tersebut dokter Narayanan menyarankan bila ada keluarga anda yang meninggal sebab penyakit hati atau kanker hati usahakan kamu pun memeriksakan diri ke dokter. Semakin bisa dideteksi dini, kesempatan sembuh juga semakin baik.

Supaya hati atau liver anda masih sehat, dr. Alberta Jesslyn Gunardi, BMedSc(Hons) dari KlikDokter menyatakan untuk merealisasikan pola hidup sehat, contohnya dengan meminimalisir makanan tinggi gula atau garam.

sumber
SHARE

Related Posts

There is no other posts in this category.
Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Iklan Tengah Post