Iklan Billboard 970x250

Awas! Makanan Ini Tidak Boleh Dimakan Mentah, yang Terakhir Sering Jadi Lalapan

Iklan 728x90

Awas! Makanan Ini Tidak Boleh Dimakan Mentah, yang Terakhir Sering Jadi Lalapan

Jenis buah, sayur atau bahkan ikan tertentu memang dapat dimakan mentah. Namun hati-hati, tak seluruh makanan dapat dimakan mentah sebab berisi risiko.

Berikut ini misalnya seperti dikutip dari kompas.com (22/01/18).

1. Kentang

Mungkin untuk banyak orang terasa mengherankan kok kentang mentah dimakan. Ternyata terdapat lho yang menciptakan jus dari kentang mentah. Diklaim bagus guna diet.

Sebaiknya anda tak usah ikut-ikutan. Karena Lisa Davis, kepala nutrisi Terra’s Kitchen menyatakan bahwa konsumsi kentang mentah justru dapat menyebabkan masalah pada perut. Contohnya perut kembung.

Hal ini diakibatkan kentang berisi zat tepung yang sulit dipahami tubuh. Di samping itu, konsumsi kentang mentah pun berisiko keracunan dari zat solanine. Kentang yang berisi solanine dapat dilihat dari timbulnya warna hijau pada kentang.

2. Susu

Yang murni tanpa pengolahan memang seringkali lebih baik. Tapi tidak dengan susu. Susu segar yang langsung dari pemerahan menurut keterangan dari FDA (Food and Drug Administration), 150 kali lebih berisiko mengakibatkan penyakit dibanding produk susu lainnya.

Supaya aman, pastikan susu yang berkeinginan kamu minum telah dipasteurisasi terlebih dahulu guna membunuh bakteri kontaminan laksana E. coli dan Salmonella.

3. Kecambah

Bagi yang suka santap pecel ayam, ada penjaja yang menambahkan taoge mentah sebagai lalapan. Kadang ditambahkan pun pada bakso. Tapi usahakan toge tidak boleh dimakan mentah sebab berisiko terkontaminasi bakteri E. coli, Salmonella, dan Listeria.

Berikut sejumlah tips mengonsumsi toge agar aman seperti dikutip dari alodokter.com (29/08/18).

Pilih toge yang masih segar. Cara deteksinya dapat dengan menciumnya. Toge yang segar tidak berbau.
Cuci bersih sebelum dimasukkan kulkas.
Masak toge hingga matang, ditandai dengan air mendidih. Hal ini guna menghindari terkontaminasi dari bakteri berbahaya.
Dari sejumlah bahan diatas, terdapat yang sering anda makan mentah?

SHARE

Related Posts

There is no other posts in this category.
Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Iklan Tengah Post