Orang Indonesia Banyak Meninggal Karena Jantung, Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini!

Dahulu penyakit jantung tidak jarang kali identik dengan umur lanjut. Namun sekarang umur 30-an juga sudah tidak sedikit yang terpapar jantung.

Berdasarkan Survei Sample Regristration System (SRS) pada 2014, kematian yang diakibatkan penyakit jantung menjangkau 12,9% dan menjadi penyebab utama kematian orang Indonesia, depkes.go.id (29/07/17). Karena itulah kita seluruh perlu waspada dan sebisa barangkali mencegahnya.

Berikut kelaziman buruk yang dapat meningkatkan risiko terpapar penyakit jantung dikutip dari kompas.com (19/02/17).

1. Stres

Orangtua tidak jarang berpesan ‘jangan tidak sedikit pikiran, nanti sakit’. Ternyata pesan itu memang dapat dibenarkan secara ilmiah. Banyak penyakit yang dirangsang oleh tidak sedikit pikiran atau stres. Jadi tidak boleh anggap remeh.

Stres dapat meningkatkan desakan darah dan mengakibatkan penyakit jantung. Harmony R Reynolds dari Cardiovascular Clinical Research Center di New York menganjurkan untuk bersosialisasi dan tertawa bareng teman-teman demi menghilangkan stres.

Jadi tidak boleh sering sendirian ya. Coba deh alokasikan waktu guna jalan bersama teman. Gak butuh ke lokasi wisata yang mahal kok. Sekedar jalan sehat ketika Car Free Day pun udah ok.

2. Malas bersihkan gigi

Banyak yang tidak menyadari bahwa ternyata gigi pun berperan besar memprovokasi kesehatan organ lain. Setiap orang mesti menyikat gigi dua kali sehari.

Malas bersihkan gigi akan memunculkan masalah gigi dan mulut yang dapat menimbulkan peradangan pada tubuh. Termasuk tentang pembuluh darah sampai-sampai terjadi penyusutan atau aterosklerosis.

3. Tidak olahraga secara teratur

Olahraga yang baik malah yang dilaksanakan secara teratur. Bukan sekali dua kali saja walau olahraganya berat. Jika sulit membudayakan ini, jajaki dengan yang enteng terlebih dahulu. Misalnya jalan pagi 30 menit masing-masing hari. Hal ini sangat dominan terhadap kesehatan jantungmu.

4. Makan berlebihan

Makan secukupnya saja supaya tidak merasakan obesitas. Kurangi minuman manis dan ganti dengan air putih. Kelebihan berat badan (obesitas) dapat meningkatkan risiko terpapar penyakit jantung. Banyaknya lemak dalam tubuh dapat memunculkan plak yang menghambat pembuluh darah.

5. Menonton TV

Kebiasaan lama menyaksikan TV atau kegiatan duduk dalam jangka masa-masa lama akan memunculkan risiko jantung dan stroke. Meski telah berolahraga, tetapi tak ada dengan kata lain jika tidak jarang duduk berjam-jam menyaksikan TV.

Itulah sejumlah kebiasaan yang mesti dihindari guna meminimalisir risiko penyakit jantung yang paling mematikan.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk, komen dengan bijak dan cerdas