8 Kebiasaan Buruk bagi Kesehatan yang Harus Anda Hindari

Saat bicara soal kesehatan, lazimnya Anda bakal langsung tertuju pada pola santap dan olahraga. Padahal, walau dua urusan tersebut krusial, Anda pun mesti menghentikan segala kelaziman buruk yang sering kali dilaksanakan baik secara sadar maupun tidak. Pasalnya, bila kelaziman yang buruk untuk kesehatan tetap dilakukan, diet sehat dan olahraga pun tidak bakal memberikan guna yang maksimal.

Dilansir Reader’s Digest dan sumber lainnya, berikut delapan kelaziman buruk untuk kesehatan yang mesti segera kita hentikan.

Sering menyangga pipis
Menahan pipis terlampau lama ialah hal yang paling buruk untuk kesehatan. Grant Fowler, MD, Ketua Kedokteran Keluarga dan Komunitas di McGovern Medical School, University of Texas Health Science, mengatakan, “Menahan pipis akan menciptakan aliran urine stagnan dan memberi peluang bakteri guna tumbuh diisi kemih, kemudian bakteri tersebut akan pindah ke ginjal Anda.” Alhasil, risiko untuk terpapar penyakit laksana infeksi kandung kemih dan sakit ginjal kian tinggi.

Terlalu lama mengunyah permen karet
Mengunyah permen terlampau lama dan masing-masing saat dapat menekan rahang Anda. Kegiatan mengunyah berlebih tersebut akan memunculkan cedera sendi dan nyeri setelahnya. Tak hanya itu, terlampau lama mengunyah permen karet pun membuat kita menelan udara terlalu tidak sedikit dan mengakibatkan sensasi kembung.

Menggigit kuku
Menggigit kuku bisa menyebabkan kehancuran pada kuku dan menambah risiko infeksi kulit di sekitarnya, laksana paronikia. Berdasarkan keterangan dari dr. Nitish Basant Adnani BMedSc, MSc, dari KlikDokter, pekerjaan yang seringkali dilakukan ketika seseorang merasa jenuh atau khawatir ini pun dapat mengakibatkan infeksi drainase pernapasan atau infeksi lainnya sebab masuknya kuman dari jari ke mulut dan dalam tubuh.

Seharian menatap layar komputer
Berdasarkan keterangan dari American Optometric Association, menatap layar komputer terlampau lama tanpa jeda tidur dapat mengakibatkan masalah visual, tergolong ketegangan mata dan kehancuran retina.

Duduk terlampau lama
Terlalu lama duduk dan tidak bergerak secara aktif dapat menuju semua risiko kesehatan, termasuk eskalasi berat badan, diabetes, dan desakan darah tinggi. Di samping itu, orang yang keseringan duduk juga seringkali mengalami ketegangan otot punggung dan leher.

Membawa tas berat melulu di satu pundak
Saat Anda membawa tas berat di satu sisi, Anda menyerahkan tekanan pada saraf yang akan merangsang pegal, kaku serta nyeri salah satu leher, bahu, dan tulang belakang. Bila urusan tersebut dilaksanakan secara konsisten, postur tubuh pun bakal terganggu.

Memakai sepatu yang terlampau sempit
Hal ini seringkali paling tidak jarang terjadi pada wanita. Karena dalil estetika, perempuan kerap mengorbankan kenyamanan dan kesehatannya sendiri. Padahal, mengenakan alas kaki yang salah bisa memengaruhi kesehatan kaki, lutut, pinggul dan, punggung kita (saraf yang saling berkaitan).

Jadwal istirahat yang tak menentu
Dapat dicerna bahwa semakin meningkat usia dan semakin tidak sedikit hal yang harus kita kerjakan, bisa jadi untuk mempunyai jadwal istirahat yang tidak menentu semakin besar. Namun, kelaziman tidur yang buruk laksana ini bisa menurunkan kesehatan jasmani Anda secara umum di hari berikutnya. Bahkan bila Anda tidak cukup tidur, Anda dapat terkena situasi inersia yang merangsang rasa khawatir sepanjang hari.

Kebiasaan buruk di atas barangkali terlihat sepele. Namun, bila Anda terus-menerus melakukannya, Anda dapat terkena sekian banyak  macam penyakit dan gangguan kesehatan di masa mendatang. Jadi, tidak boleh sia-siakan usaha menata pola santap dan olahraga melulu karena kelaziman tersebut. Bila perlu, mintalah pertolongan orang terdekat untuk tidak jarang kali mengingatkan dan menghentikan kita bila kelaziman buruk kita kambuh kembali.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk, komen dengan bijak dan cerdas