Iklan Billboard 970x250

8 Tips Menjaga Kesehatan agar Tak Mudah Sakit

Iklan 728x90

8 Tips Menjaga Kesehatan agar Tak Mudah Sakit


 Memasuki musim pancaroba seperti ketika ini, Anda barangkali akan lebih gampang sakit. Oleh karena itu, kerjakan upaya mengawal kesehatan supaya tetap bisa beraktivitas laksana biasa. Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), musim kemarau pada 2019 akan dibuka pada mula April.

Artinya, pada ketika ini sedang terjadi pancaroba atau pergantian musim yang ditandai dengan angin kencang, debu yang bertebaran, hujan yang tak menentu, sampai cuaca yang tiba-tiba terik. Berdasarkan keterangan dari dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, cuaca laksana inilah yang akan menciptakan Anda lebih gampang jatuh sakit.

"Musim pancaroba identik dengan musim sakit sebab adanya evolusi tekanan, komposisi, serta suhu udara. Suhu udara yang secara cepat menjadi lembap atau dingin menciptakan perkembangan virus dan bakteri pun lebih cepat," ujarnya.

Tak butuh cemas. Ada sejumlah tips yang dapat Anda ikuti inilah ini supaya tak gampang sakit di musim pancaroba seperti kini ini:

1. Makan sayuran hijau
Sayuran berdaun hijau kaya bakal vitamin yang menolong Anda menemukan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Berdasarkan keterangan dari sebuah studi yang dilaksanakan pada tikus, santap sayuran hijau bisa mengirim sinyal kimia ke tubuh yang dibutuhkan untuk faedah sistem kekebalan tubuh yang efisien.

3. Istirahat yang cukup
Dijelaskan oleh dr. Fiona Amelia, MPH dari KlikDokter, tidur berbobot | berbobot | berkualitas dalam durasi lumayan sangat urgen untuk mengawal performa tubuh. Dengan memenuhi keperluan tidur dalam sehari, ekuilibrium hormonal dan sistem imunitas tubuh bakal senantiasa terjaga.

“Tidur lumayan juga amat menolong Anda dalam membetulkan sel-sel tubuh. Jadi usahakan, tidurlah sekitar 6–8 jam dalam sehari," ujarnya.

3. Aktif bergerak
Tetap aktif dengan olahraga teratur laksana berjalan kaki tiga kali seminggu sekitar 30 menit dapat menolong mencegah peradangan dan penyakit kronis, meminimalisir stres serta melepas hormon yang sehubungan dengan stres, dan mempercepat sirkulasi sel darah putih yang melawan penyakit. Sehingga, tubuh pun bisa melawan sekian banyak  penyakit, tergolong flu yang sering menyerang di musim pancaroba.

4. Pastikan Anda lumayan vitamin D
Kekurangan vitamin D dapat mengakibatkan pertumbuhan tulang yang buruk, masalah kardiovaskular, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Oleh karena itu, konsumsilah sumber vitamin D yang baik laksana kuning telur, jamur, salmon, tuna, dan hati sapi.

Di samping itu, Anda pun dapat melakukan pembelian suplemen vitamin D di toko bahan makanan atau apotek setempat. Pilih suplemen yang berisi D3 (cholecalciferol), sebab meningkatkan kadar vitamin D dalam darah kita sangat urgen untuk membuat daya tahan tubuh yang optimal.

5. Konsumsi vitamin C
Hingga sekarang memang belum terdapat bukti bahwa vitamin C dapat meminimalisir keparahan atau mempercepat pengobatan penyakit.

Namun, sebuah riset tahun 2006 dalam European Journal of Clinical Nutritions mengaku bahwa vitamin C dapat menolong meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam mencegah pilek dan flu, khususnya pada mereka yang sedang stres.

6. Kelola stres dengan benar
Selama bertahun-tahun, semua dokter curiga bakal adanya hubungan antara stres mental kronis dan penyakit fisik. Berdasarkan keterangan dari sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan oleh National Academy of Sciences, teknik yang efektif untuk menata stres ialah dengan mengawal sistem kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, mulai sekarang usahakanlah berlatih yoga atau meditasi guna menghilangkan stres, daripada Anda mengerjakan pelarian lewat makanan atau minum alkohol. Dengan demikian, hidup kita menjadi lebih tenang dan terbebas dari stres.

7. Jangan minum alkohol
Sebuah riset mengungkapkan bahwa minum alkohol bisa merusak sel dendritik tubuh, yaitu komponen yang lumayan vital dalam sistem kekebalan tubuh.

Meningkatnya konsumsi alkohol dari masa-masa ke masa-masa dapat mengakibatkan peningkatan penyampaian seseorang terhadap infeksi bakteri dan virus sebab daya tahan tubuh juga semakin menurun.

8. Dapatkan vaksin flu
Centers for Disease Control and Prevention merekomendasikan supaya semua orang yang berusia di atas enam bulan menemukan vaksin flu yang rutin diserahkan setiap tahunnya. Cara ini amat baik untuk menangkal flu yang barangkali saja menyerang ketika masa pancaroba.

Menjaga kesehatan amat urgen untuk dilaksanakan demi menunjang kegiatan harian Anda, khususnya di musim pancaroba ketika ini. Agar tak gampang sakit, ikuti sekian banyak  tips di atas dan imbangi upaya itu dengan merealisasikan gaya hidup sehat laksana mengonsumsi makanan sehat dan teratur berolahraga.

sumber
SHARE

Related Posts

There is no other posts in this category.
Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Iklan Tengah Post