Iklan Billboard 970x250

Ini Cara Menjaga Kesehatan Mental Setelah Didiagnosis Serangan Jantung

Iklan 728x90

Ini Cara Menjaga Kesehatan Mental Setelah Didiagnosis Serangan Jantung

Menerima diagnosis penyakit jantung, pasti akan membawa perubahan dalam kehidupan. Di samping penyakit jantung tersebut sendiri laksana serangan jantung, kesehatan mental juga harus mendapat perhatian lebih. Mengapa demikian? Sebab ternyata, diagnosis tersebut dapat mengoyak kesehatan mental, yang berujung pada depresi.

Hubungan kesehatan mental dengan penyakit jantung memang paling erat. Kondisi depresi bisa menjadi hal risiko penyakit jantung. kita berpotensi mengalami fenomena kecemasan dan depresi bilamana terserang gangguan pada organ ini.

Lakukan ini guna jaga kesehatan mental pascadiagnosis serangan jantung
Mengalami gangguan mental, laksana takut, cemas, kesepian, marah, sampai kondisi depresi, bisa memperparah kondisi jasmani Anda pascadiagnosis. Anda barangkali tidak mempunyai semangat, untuk mengerjakan langkah-langkah pemulihan, bahkan guna sekadar mengonsumsi obat, yang untuk orang beda terlihat mudah.

Ada sejumlah cara yang dapat dilakukan, guna menjaga situasi mental kita tetap stabil, sesudah terdiagnosis serangan jantung.


  • Menghubungi kerabat terdekat

Dukungan emosional dari rekan dan keluarga, dapat menolong Anda menanggulangi emosi, laksana rasa cemas. Menghubungi dan mengobrol dengan mereka pun akan meminimalisir kesepian yang kita alami.


  • Berdialog dengan diri sendiri (self-talk)

Anda dapat mengupayakan self-talk yang positif, untuk menanggulangi rasa takut. Misalnya dengan meyakinkan diri sendiri, bahwa Anda bisa pulih laksana orang lain. Self-talk merupakan teknik yang ampuh untuk meminimalisir emosi negatif di dalam diri Anda.


  • Berolahraga dengan cukup

Aktivitas olahraga, bila dilaksanakan dengan cukup, dapat menolong tubuh mencungkil hormon endorfin. Hormon ini dapat menciptakan Anda merasa lebih baik dan bahagia. Lakukan olahraga minimal lima hari dalam seminggu, dengan porsi 30 menit masing-masing harinya.


  • Melakukan hal-hal yang disenangi

Jalani hari-hari dengan mengerjakan hal-hal yang kita sukai. Misalnya, memperhatikan musik kesukaan, yang dapat mendinginkan diri Anda.


  • Beristirahat dengan cukup

Setelah merasakan serangan jantung, tubuh Anda bakal sangat membutuhkan istirahat. Oleh sebab itu, beristirahatlah dengan cukup, untuk menolong pemulihan.


  • Jalani diet sehat

Konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi tinggi. Anda pun perlu menyimak makanan yang mesti dihindari, andai terkena serangan jantung. Misalnya makanan cepat saji, es krim, makanan yang digoreng, atau makanan dalam kemasan kaleng.


  • Menjauhi kelaziman tidak sehat

Jangan menggali pelarian untuk situasi mental negatif yang kita rasakan, laksana konsumsi minuman alkohol, merokok, serta meminum obat tidur. Anda malah harus menjauhi kelaziman yang tidak sehat tersebut.

Berkonsultasilah lagi dengan dokter sesudah serangan jantung

Jika merasa kesehatan mental semakin memburuk, meski telah merealisasikan cara-cara di atas, kita usahakan pulang berkonsultasi dengan dokter guna mendapat penanganan lebih lanjut. Segera hubungi dokter bilamana Anda mengalami situasi berikut ini:


  • Mendengar suara yang tidak jelas sumbernya
  • Menunjukkan minimal tiga fenomena depresi. Gejala depresi bisa berupa kendala tidur atau justeru tidur terlampau sering, merasa tidak berguna, merasa putus asa, merasakan penurunan berat badan sebab sulit makan, tidak mempunyai hasrat mengerjakan hal yang disenangi, susah berkonsentrasi, sampai muncul pemikiran guna bunuh diri.
  • Sering menangis berlebihan.
  • Merasa obat yang diminum menciptakan depresi. Jangan berhenti konsumsi obat serangan jantung kita tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Bagaimanapun, merasakan kesedihan pascadiagnosis serangan jantung adalahhal yang normal. Namun, bilamerasakan kesedihan mendalam yang kesudahannya mengganggu proses pemulihan kesehatan Anda, segera minta pertolongan pada dokter.

sumber
SHARE

Related Posts

There is no other posts in this category.
Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Iklan Tengah Post