Iklan Billboard 970x250

Tindakan Medis Dokter Malah Bisa Timbulkan Penyakit Ini, Benarkah?

Iklan 728x90

Tindakan Medis Dokter Malah Bisa Timbulkan Penyakit Ini, Benarkah?

Penyakit iatrogenik ialah penyakit dampak aktivitas yang dilaksanakan oleh petugas kesehatan terhadap pasien di lokasi tinggal sakit. Berbagai pekerjaan dan formalitas yang dilaksanakan oleh semua petugas kesehatan guna mendiagnosis dan mengobati pasien ternyata memiliki risiko pasien untuk terpapar penyakit iatrogenik.

Penyakit iatrogenik pun dapat muncul sebab komplikasi dari penyakit yang telah ada atau adalahpenyakit yang tidak bersangkutan sama sekali dengan penyakit bawaan.

Pencegahan iatrogenik oleh pasien
Iatrogenik bisa muncul sebab komplikasi dari penyakit yang telah ada. Di samping itu, iatrogenik malah dapat menjadi penyakit yang tidak bersangkutan sama sekali, dengan gangguan kesehatan yang telah ada sebelumnya.

Sekarang setelah menyimak informasi mengenai iatrogenik, kita mungkin khawatir dengan perbuatan medis yang bakal Anda atau family jalani. Risiko iatrogenik memang tidak dapat dihilangkan. Kondisi tersebut dapat diibaratkan laksana ini.

Di lokasi tinggal sakit, pasti Anda bakal menjumpai begitu tidak sedikit orang dengan penyakitnya masing-masing. Di sana juga ada tidak sedikit tenaga medis, tergolong dokter, yang berinteraksi dengan semua pasien. kita yang semula dalam situasi sehat, malah dapat menjadi sakit, sepulangnya dari lokasi tinggal sakit.

Kemungkinan lainnya, kita yang semula melulu mengalami satu penyakit, akhirnya dapat menderita penyakit lainnya, setelah berangjangsana ke lokasi tinggal sakit.

Meski risiko iatrogenik tidak dapat sepenuhnya hilang, terdapat sejumlah tahapan yang dapat Anda kerjakan untuk mengurangi risikonya, sebagai pasien maupun kerabat pasien, sebagai berikut.


  • Selalu pahami penyembuhan dan bertanya tentang tindakan atau formalitas yang bakal Anda jalani hingga mengerti. Hal ini pun dapat menolong menenangkan benak Anda.
  • Setelah formalitas atau perbuatan medis berlalu dilakukan, tetap waspada terhadap efek samping yang bisa terjadi. Hubungi dokter secepatnya, bilamana Anda menikmati adanya gangguan atau sesuatu yang tidak wajar.
  • Ajaklah anggota family atau rekan terdekat, ketika Anda berkonsultasi dengan dokter. Mereka dapat membantu mengucapkan informasi tentang riwayat medis Anda, yang barangkali terlewatkan. Informasi yang bermanfaat ini, dapat menangkal terjadinya penyakit iatrogenik.
Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan penyakit iatrogenik?

Iatrogenik berasal dari bahasa Yunani. “Iatros” berarti dokter atau berpengalaman kesehatan, dan “gennan” berarti hasil. Oleh karena tersebut iatrogenik berarti, yang didapatkan oleh dokter.

Iatrogenik bisa terjadi pada ketika rawat inap maupun rawat jalan trafik dokter. Hingga ketika ini, belum diketahui penyebab, situasi medis, maupun suasana yang menghubungkan terjadinya infeksi iatrogenik, terhadap rawat inap atau rawat jalan trafik dokter.

Penyakit iatrogenik dapat mengakibatkan gangguan fisik, mental atau emosional, bahkan sampai kematian. Iatrogenik bisa terjadi sebaga akibat:


  • Infeksi saat diasuh di lokasi tinggal sakit, sebab dokter atau perawat tidak membasuh tangan setelah mengerjakan kontak dengan pasien sebelumnya. Hal ini bisa dikategorikan sebagai infeksi iatrogenik.
  • Infeksi drainase reproduksi, dampak implementasi formalitas medis yang tidak cukup tepat, maupun pemasangan perangkat kontrasepsi dalam rahim (AKDR) yang tidak pas.
  • Kesalahan dalam pembedahan, baik dalam operasi ginjal maupun lutut.
  • Menggunakan obat-obatan dengan resep dokter, yang ternyata berinteraksi satu sama lain, dan kita tidak menerima informasi tentang hal ini sebelumnya. 
  • Gangguan mental berat, dampak psikoterapi

Risiko iatrogenik memang susah dihilangkan. Namun dengan mengerjakan langkah-langkah antisipasi di atas, kita dapat mengayomi diri dan family dari penyakit iatrogenik, dampak kunjungan ke lokasi tinggal sakit, maupun formalitas medis tertentu.

sumber
SHARE

Related Posts

There is no other posts in this category.
Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Iklan Tengah Post