Iklan Billboard 970x250

7 Mitos dan Fakta Air Kelapa yang Menyegarkan

Iklan 728x90

7 Mitos dan Fakta Air Kelapa yang Menyegarkan

Air kelapa adalahsalah satu buah yang populer di Indonesia, khususnya di wilayah pesisir pantai, laksana Bali. Air kelapa pun kerap kali dirasakan sebagai pilihan lebih sehat yang menyegarkan dari minuman-minuman lain.

Mitos dan kenyataan air kelapa yang beredar dalam masyarakat seringkali menyangkut guna air kelapa. Apakah air kelapa berfungsi untuk kesehatan melulu sekedar mitos belaka atau sebuah kenyataan yang nyata?

7 mitos dan kenyataan air kelapa
Air kelapa yang menyegarkan menimbulkan sekian banyak  pertanyaan. Penasaran dengan mitos dan kenyataan air kelapa? Telusuri selengkapnya inilah ini untuk memisahkan mitos dan kenyataan air kelapa.

1. Air kelapa ialah minuman ideal sehabis olahraga
Air kelapa selalu dipercayai sebagai di antara minuman yang baik guna dikonsumsi sesudah berolahraga.

Namun, urusan itu hanyalah mitos! Karena sebetulnya mengonsumsi air kelapa sesudah berolahraga tidak bertolak belakang jauh dengan mengonsumsi air mineral sesudah berolahraga.

Meski berisi elektrolit, air kelapa pun tidak terlampau ideal sebagai minuman sehabis olahraga. Air kelapa mempunyai kandungan gula dan kalori yang rendah sampai-sampai tidak dapat memberikan asupan energi, potasium, dan sodium yang hilang sehabis berkeringat.

2. Air kelapa mencegah penuaan
Alangkah praktisnya bila dengan meneguk air kelapa, kerutan-kerutan di wajah dapat menghilang. Akan namun faktanya, faedah air kelapa mencegah penuaan hanyalah mitos belaka.

Sampai ketika ini belum ada riset yang secara pasti dapat membuktikan mitos dari guna air kelapa yang ini.

3. Air kelapa lebih sehat daripada jus buah-buahan
Bagi kita yang gemar meminum air kelapa, urusan ini ialah sebuah kabar yang menggembirakan sebab air kelapa faktanya ialah alternatif minuman yang lebih sehat daripada jus buah-buahan.

Hal ini sebab secara umum, air kelapa yang tidak diserahkan tambahan gula mempunyai kalori dan kandungan yang lebih rendah daripada jus buah-buahan.

Namun, bila Anda melakukan pembelian air kelapa dalam kemasan, Anda mesti jeli menyaksikan berapa gula ekstra yang dimasukkan serta menyimak berapa tidak sedikit air kelapa yang dikonsumsi.

4. Lebih baik minum air kelapa daripada air mineral
Air kelapa yang menyegarkan tentunya bakal lebih berefek dalam mengisi asupan cairan tubuh daripada air mineral di hari yang terik, bukan? Sayangnya, kepercayaan tersebut hanyalah suatu mitos air kelapa.

Sebuah penelitian mengejar bahwa air kelapa tidak menyerahkan efek yang bertolak belakang jauh dalam mengisi asupan cairan dalam tubuh. Untuk ketika ini, belum ada riset yang cukup dapat membuktikan bahwa air kelapa lebih unggul daripada air mineral biasa.

Meskipun demikian, air kelapa dapat menjadi opsi lain ketika Anda hendak mengonsumsi minuman yang mempunyai rasa manis yang dapat mengisi asupan cairan tubuh dengan kalori yang rendah.

5. Air kelapa berisi tidak sedikit nutrisi
Air kelapa memiliki tidak sedikit nutrisi yang baik untuk tubuh bukanlah karangan dan adalahsuatu fakta. Di samping rendah kalori, air kelapa kaya bakal potasium, sodium, dan serat pada dagingnya.

Di samping itu, air kelapa pun berisi nutrisi lain, laksana thiamin, vitamin B6, folat, asam pantotenat, riboflavin, mangan, magnesium, dan vitamin C. Oleh karenanya, air kelapa dapat berkontribusi sebagai salah satu teknik untuk mengisi asupan nutrisi Anda.

6. Air kelapa menambah performa olahraga
Air kelapa tidak hanya diandalkan  mampu menggantikan cairan tubuh, tetapi pun dapat meningkatkan keawetan saat berolahraga dan performa ketika berolahraga.

Namun, riset mengejar bahwa tidak terdapat perbedaan keawetan saat berolahraga saat mengonsumsi air kelapa dengan ketika mengonsumsi air mineral. Oleh karenanya, urusan ini hanyalah mitos hingga ada riset lain yang dapat mendukung kepercayaan ini.

7. Air kelapa mempercepat metabolisme
Metabolisme tubuh ialah hal yang perumahan dan keterampilan air kelapa guna mempercepat metabolisme melulu sekedar mitos. Faktanya air kelapa tidak dapat mempercepat metabolisme dan belum ada riset yang dapat menyokongnya.

Akan tetapi, air kelapa dapat digunakan sebagai pengganti dari minuman bersoda dan minuman tinggi gula lainnya, rasanya yang manis dan rendah kalori membuatnya jauh lebih sehat guna dikonsumsi.

Namun, usahakan konsumsilah air kelapa yang tidak diserahkan gula ekstra dan tidak jarang kali baca label air kelapa yang berada dalam kemasan.

Apakah konsumsi air kelapa berbahaya?
Konsumsi air kelapa sebetulnya relatif aman, namun pada permasalahan tertentu, konsumsi air kelapa usahakan dihindari. kita usahakan menghindari konsumsi air kelapa bila:

Memiliki kadar potasium yang tinggi dalam darah
Menderita fibrosis kistik
Mengalami masalah ginjal
Memiliki desakan darah rendah
Jika Anda bakal menjalani operasi bedah, usahakan hindari mengonsumsi air kelapa dua minggu sebelum dimulainya operasi, sebab air kelapa mungkin dapat mengganggu desakan darah.

Bila kita memiliki situasi medis tertentu laksana yang sudah disebutkan, maka konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum meminum air kelapa.

sumber
SHARE

Related Posts

There is no other posts in this category.
Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Iklan Tengah Post